Rabu, 20 Oktober 2010

suasana HARI KIAMAT

SUASANA HARI KIAMAT


Hari kiamat adalah hancurnya alam semesta serta seluruh mahluk yang ada didalammya sebagai akhir dari alam dunia dan mulainya alam akhirat. Pada saat itu manusia seperti anai – anai terlempar terhempas, seperti dedaunan kering yang terbang tertiup angin. Gunung – gunung meleus mengeluarkan laharnya lalu air lautpun tumpah kedaratan, meteor berjatuhan dari langit ke bumi, tanah terbelah, gedung – gedung pencakar langit akan runtuh.

Semua itu pasti akan terjadi pada saat malaikat Isrofil meniupkan sangkakalanya yang pertama dan takada satupun manusia yang bisa menghindari peristiwa hari kiamat tersebut. Karena begitu dahsyatnya wanita yang sedang mengandung keguguran, dan lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya.

Adapun peristiwa hari kiamat terdapat dalam surat Q.S. AL – Zalzilah (99) 1 – 4.

Yang artinya :

“Apabila bimi digoncangkan dengan dahsyat, dan bumi telah mengeluarkan bahan – bahan berat yang dikandugnya dan manusia bertanya “mengapa bumi begini ?” pada hari itu bumi menceritakan beritanya.”

Ciri – ciri ataupun tanda – tanda hari kiamat itu adalah hewan – hewan dapat berbicara, laki – laki berprilaku seperti perempuan, dan sebaliknya perempuan berprilaku sebagai laki – laki.

Firman Allah SWT

Artinya :

“ Dan sesungguhnya hari kiamat itu pasti dating, tak ada keraguan padanya, dan bahwanya Allah membangkitkan semua orang didalam kubur.” (Q.S. AL – Haj : 7)

Dalam surat lain dijelaskan.

Artinya :

“ hai manusia bertakwalah pada tuhanmu, sesungguhnya kegoncangan dihari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang sedang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya, dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu melihat manusia dalam keadaan mabuk padahal sebenarnya mereka tidak dalam keadaan mabuk mabuk, akantetapi azab Allah itu sangat keras. (Q.S. AL – Hajj. 1 - 2)

Adapun pengertian hari akhir (kiamat) menurut bahasa dan istilah, yaitu :

Kiamat menurut bahasa berarti kebangkitan atau kehancuran. Sedangkan menurut istilah kiamat adalah hari dimana orang yang yang telah meninggal dihidupkan kembali untuk diadili atas semua perbuatannya dimasalalu. Pada hari kiamat itu semua yang ada dimuka bumi ini akan hancur atau rusak, binasa dan lenyap. Setelah kehancuran tersebut kemudian manusia dibangkitkan kembali untuk diadili dan menjalani kehidipan kekal abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar